Orientasi Mahasiswa Program Pascasarjana I-3

IMG 20210907 WA0051Batu, Kamis, 9 September 2021 --- Untuk pertamakali sejak diselenggarakannya Program Pascasarjana di Institut Injil Indonesia (I-3), tahun ini I-3 mengadakan orientasi kepada para mahasiswa program Pascasarjana. Orientasi tersebut berlangsung pada hari Selasa, 7 September 2021.

Dalam wawancara yang dilakukan kepada Direktur Program Pascasarjana I-3, Dr. Gunaryo Sudarmanto, D.Th., ketika ditanyakan urgensi orientasi kepada mahasiswa program Pascasarjana, dijelaskan bahwa berkaca kepada mahasiswa program Sarjana yang seluruhnya tinggal di dalam kampus dan yang pada setiap awal semester / tahun ajaran baru, selalu mendapatkan orientasi berisi penyegaran rohani dan pengarahan-pengarahan yang bersifat informatoris akan hal-hal yang bersifat mekanisme rutin maupun kebijakan-kebijakan yang baru. Sedangkan mahasiswa program Pascasarjana baik S2 (Magister) maupun S3 (Doktoral) mereka berada di luar kampus serta pelaksanaan perkuliahan saat ini dilangsungkan secara online  sehingga untuk memberikan arahan, informasi dan hal-hal yang terkait dengan tata laksana perkuliahan dan penyampaian kebijakan-kebijakan baru, terlebih telah terjadi perubahan struktur kepemimpinan dalam I-3 maka dirasa perlu untuk diinformasikan kepada mahasiswa program Pascasarjana I-3.

Orientasi ini juga dimaksudkan agar mahasiswa mengenali I-3 sebagai institusi dimana mereka belajar agar memiliki pemahaman yang baik  dan dengan pemahaman yang baik ini diharapkan menjadikan mereka mengerti I-3 dengan baik pula. Pemahaman mengenai sejarah, prinsip-prinsip rohani, eksistensi I-3 secara nasional maupun Internasional. Usai orientasi ini mahasiswa program Pascasarjana diharapkan bukan saja mengetahui kapan I-3 dibentuk, mengenali para perintis dan perkembangan bidang serta program studinya.

Mengingat sebagian mahasiswa program Pascasarjana bukanlah lulusan dari program Sarjana di I-3 maka sejarah, visi, motto, struktur I-3 maupun YPPII Batu selaku BPPTS perlu diperkenalkan. Semua itu dilakukan dengan harapan, selama masa studi, mereka tidak saja unggul dalam penguasaan akademik / ilmu pengetahuan, melainkan masuk dalam tujuan pendidikan I-3 yakni unggul dalam akademik dan unggul secara karakter sehingga saat mereka menyelesaikan masa studinya, mereka dapat menjadi produk I-3 yang berkarakteristik I-3 dalam ilmu pengetahuan, karakter, kepribadian dan pelayanan-pelayanan yang Tuhan percayakan ke depan. Oleh karena itu, kelak, bagi para mahasiswa program Pascasarjana I-3 yang akan diwisuda, perlu menyerahkan surat rekomendasi dari lembaga agar dapat menolong I-3 supaya memiliki acuan dan fungsi kontrol terhadap para lulusan.  “Akademik memang penting tetapi karakter juga tidak kalah penting”, sambung Dr. Gunaryo Sudarmanto.

Para peserta menyambut dengan antusias orientasi yang diadakan sejak pagi hingga malam hari tersebut bahkan setelah acara berlangsung dan dibuka ruang tanya jawab, ada hal -hal yang dapat langsung dijawab kepada para penanya dan ada juga yang perlu dikoordinasikan lebih lanjut namun secara keseluruhan semua berjalan dengan baik dan I-3 dapat mengetahui apa saja kesulitan-kesulitan ataupun hal-hal mengganjal yang dihadapi para mahasiswa.

Dr. Gunaryo Sudarmanto menjelaskan secara keseluruhan, respon para mahasiswa memberikan  kesan-kesan positif dan mereka memberikan masukan agar acara seperti ini sedapat mungkin diadakan sebulan sekali. Kegiatan yang dilakukan bertempat di Gedung Pascasarjana I-3 secara online ini dihadiri oleh 68 peserta termasuk para dosen program Pascasarjana. Banyak juga yang berhalangan hadir mengikuti acara orientasi ini karena pelaksanaannya yang cukup mendadak dan beberapa diantara mereka telah memiliki agenda pelayanan sendiri.  Rencananya, jika tidak ada aral melintang, acara orientasi ini akan dilakukan pada setiap awal semester dan diharapkan menjadi ruang komunikasi antara mahasiswa dengan I-3 selaku pihak penyelenggara pendidikan program pascasarjana.

Bagi anda yang terpanggil dan tertarik untuk melanjutkan studi di Program Pascasarjana I-3, kesempatan terbuka seluas-luasnya, dapat menghubungi kantor Program Pascasarjana Institut Injil Indonesia (I-3), setiap hari dan jam kerja, di nomor telefon (0341)-524899 atau e-mail Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..