Pelaksanaan Yudisium di Kampus Institut Injil Indonesia

IMG 20210826 161948Batu, Kamis, 26 Agustus 2021 --- Sebelum mewisuda para mahasiswanya, Institut Injil Indonesia (I-3) melakukan proses yudisium yakni pengukuhan kelulusan bagi program sarjana dan pascasarjana. Yudisium Program Sarjana dan Pascasarjana itu dilakukan pada tanggal 26 Agustus 2021, bertempat di ruang Kantate, I-3. Acara berlangsung dengan lancar dan khidmat dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan yang ketat.

Prosesi Yudisium program Sarjana / Strata I, diadakan pada pukul 09:00 WIB. Acara dibuka oleh Warek I Bidang Akademik, Dr. Ridwan Henry Simamora. Acara tersebut dihadiri oleh Rektor I-3, Dr. Sudung Nainggolan dan juga tim Rektorat, baik Warek I, Warek II, Dr. Erik Hutabarat, Warek III bid. Kemahasiswaan, Dr. Dina E. Latumahina , Warek IV bid. Pelayanan, Dr. Fredi Purwanto, S.E., tidak lupa pula, hadir Kepala Badan Penjamin Mutu, Riset dan PKM, Dr. Iwan Setiawan dan Kabiro serta Bapak/Ibu Asrama Putra/i.

Rangkaian acara dimulai dengan ibadah singkat dan mendengarkan renungan Firman Tuhan yang disampaikan oleh Pdt. Kurnia Sondang Lumban Gaol, M.Pd. yang juga adalah Dekan Prodi Pendidikan Agama Kristen (PAK). Beliau mengingatkan mengenai karakteristik seorang hamba Tuhan. Ada 2 karakteristik seorang hamba Tuhan yakni :
1. Memberikan teladan, hidup rendah hati.—hamba Tuhan yang congkak hanya akan menjadi batu sandungan bagi orang lain. Tuhan Yesus memberikan contoh untuk hidup rendah hati dan memiliki sikap lemah lembut. Kerendahan hati niscaya tidak melukai siapapun, hamba Tuhan yang rendah hati kehadirannya menjadi berkat dimana saja.

2. Giat bekerja dalam pelayanan dan senantiasa bersaksi --- seorang hamba Tuhan bukanlah hamba yang hidupnya menadahkan tangan melainkan merupakan pribadi yang giat bekerja dalam pelayanan, memberitakan Injil, mengajar dan menyelesaikan pelayanan. Pelayanan hanya dapat diselesaikan saat seorang hamba Tuhan menaruh hati dan hidupnya sungguh-sungguh dalam melayani Tuhan. Pelayanan akan usai saat Tuhan memanggil pulang hamba-Nya. Hidup hamba Tuhan memiliki kurikulum Allah yang senantiasa membentuk hamba Tuhan demi menjadi alat yang efektif bagi pekerjaan-Nya dimuka bumi. Tuhan mengenal pribadi para hamba-Nya dengan segala talenta dan kapasitas mereka.

Rektor I-3, Dr. Sudung Nainggolan, kemudian memberikan kata sambutan dengan membahas mengenai Spiritual Formation dari kehidupan para mahasiswa / calon wisudawan dalam lingkungan kampus dan pelayanan. Ada hal-hal tertentu yang dalam pembentukan, menjadikan beberapa mahasiswa harus menjalani proses pendisiplinan bahkan berujung pada akhirnya skorsing namun semuanya bertujuan untuk membuat mahasiswa menjadi hamba Tuhan yang taat dan mengerti panggilan Tuhan dalam hidupnya karena fase kehidupan sesungguhnya yang akan dijalani oleh para mahasiswa adalah kehidupan setelah wisuda saat masuk dalam pelayanan seumur hidup. Tidak lupa, selain menyapa yang hadir secara onside, Rektor juga menyapa para calon wisudawan yang mengikuti prosesi yudisium secara online, beberapa diantaranya ada yang berasal dari Sabah, Malaysia dan dari Papua. Dalam prosesi tersebut juga diumumkan bahwa yang lulus dari prodi Teologi, Misi dan PAK, sebesar 100%.

Pada hari yang sama, di siang harinya, pukul 15:00 WIB dilangsungkan Yudisium untuk program pascasarjana (Magister dan Doktoral) yang dilakukan juga secara onside dan online. Dibuka oleh Direktur Program Pascasarjana Institut Injil Indonesia, Dr. Gunaryo Sudarmanto, D.Th yang juga menyampaikan kebenaran Firman Tuhan yang terambil dari Roma 15:16-17 “..bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus, jadi dalam Kristus, aku boleh bermegah tentang pelayananku bagi Allah”.

Dr. Gunaryo Sudarmanto juga mengingatkan bahwa Yudisium adalah momentum akademik dan merupakan tradisi di I-3 bahwa pesta akademik adalah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari spiritualitas hamba Tuhan. Studi akademik tidak dapat dipisahkan dari kehidupan spiritual mahasiswa I-3. Jika ditelisik satu persatu maka akan dipahami bahwa proses studi di I-3 sesungguhnya memberikan pengalaman yang khas yang memberikan kontribusi penting dalam spritualitas para pendidik dan mahasiswanya. Nilai akademik tidak berdiri sendiri, haruslah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari spiritual formation para calon wisudawan/ti.

Dari Firman Tuhan yang disampaikan, beliau menjelaskan bahwa dalam menjadi pelayanan Yesus Kristus, setiap kita dalam bermegah sesungguhnya bermegah karena ada alasan untuk memuliakan Tuhan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Allah dan dalam pelayanan kepada Allah. Firman Tuhan mengingatkan bahwa segala sesuatu yang dilakukan bagi Allah haruslah berujung kepada kemuliaan kepada Tuhan. Kenaikan jenjang akademik haruslah disertai dengan kenaikan jenjang dalam bidang yang lain. Kualifikasi akademik tidak dapat dipisahkan dengan kualifikasi spiritual demikian juga dengan I-3 yang sejak awal memiliki spirit misi, didasarkan pada panggilan, pertobatan, lahir baru dan akhirnya berkobar-kobar melayani dan mencari jiwa.

Momentum yudisium hendaknya mengingatkan kita untuk tetap berakar dalam firman Tuhan dan bertumbuh semakin tinggi. Melalui pencapaian akademik yang semakin tinggi kiranya nama Tuhan juga semakin dikenal dan dimuliakan. Segala sesuatu dari Kristus, oleh Kristus dan kembali kepada Kristus, segala kemuliaan termasuk dalam pencapaian studi, kiranya merupakan kebanggaan di dalam Kristus.

Dalam yudisium program Pascasarjana, kesempatan juga diberikan kepada Dr. Desiana Nainggolan salah satu calon wisudawan program Doktoral yang telah diyudisium, untuk memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya, ia mengucap syukur atas pertolongan Tuhan yang memampukan tiap mahasiswa untuk menyelesaikan studi terlebih di masa pandemi Covid-19. Bukan hal mudah untuk menyelesaikan studi di masa pandemi. Untuk melakukan penelitian dan mencari buku sumber, para mahasiswa harus dapat melakukan inovasi-inovasi tersendiri namun dengan bimbingan promotor dan dosen-dosen yang ada di Institut Injil Indonesia, semua dapat diatasi dan semuanya akan menjadi kenangan yang indah bagi tiap mahasiswa yang akan diwisuda.

Dalam prosesi tersebut diumumkan tingkat kelulusan sebesar 100% bagi program Pascasarja dan wisuda program M.Th, M.Pd dan program Doktoral akan dilangsungkan tanggal 28 Agustus bersamaan juga akan dengan program Sarjana / Strata I yang keseluruhan acara akan diadakan secara onside dan online.

Selamat bagi para calon wisudawan!

IMG 20210826 111020IMG 20210826 164811IMG 20210826 162939