Perayaan HUT Kemerdekaan Ke-76 RI di Kampus Institut Injil Indonesia

IMG 20210818 WA0008Batu, 18 Agustus 2021 — Peringatan hari ulang tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 telah dilangsungkan secara meriah di Kampus Institut Injil Indonesia yang berlangsung di Jalan Trunojoyo, Kecamatan Batu, Kelurahan Songgokerto, Kota Wisata Batu, Jawa Timur.

Jammes Takaliuang selaku ketua RW 08, Kelurahan Songgokerto yang sempat diwawancara, mengatakan bahwa adapun latar belakang terselenggaranya kegiatan perayaan peringatan 17 Agustus tahun ini di komplek tersebut terjadi berkat kerjasama Bidang III dari Institut Injil Indonesia, yakni Bidang Kemahasiswaaan dan perangkat desa, RW 08 Kelurahan Songgokerto, Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Mengingat para warga dan peserta dari perlombaan sebagian besar terdiri atas mahasiswa/i Institut Injil Indonesia.

Tema yang diangkat dalam perayaan 17 Agustus tahun ini adalah “Gema I-3 Ke Sorga.” Saat ditanya mengapa tema ini yang dipilih, beliau menjelaskan bahwa tema ini sebenarnya merupakan singkatan dari Gerakan Mahasiswa Institut Injil Indonesia (dalam bidang) Kesenian dan Olahraga sehingga kedua bidang inilah yang menjadi titik berat dari acara-acara yang diperlombakan. Dalam hal kesenian, lomba yang diadakan adalah lomba tari daerah, drama, vocal group lagu-lagu rohani, cipta lagu perjuangan, stand up comedy bernuansa rohani dan tiktok yang juga bernuansa rohani. Sedangkan dalam bidang olahraga yang diperlombakan adalah dari olahraga voli, ping pong tiup, sepak bola, basket, sepak takraw, badminton, catur, gaplek, tenis meja baik dari putra maupun putri.

“Puji Tuhan, penyelenggaraan lomba peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun ini dapat berlangsung dengan baik walaupun sedang dalam masa pandemi. Jika ditanya soal keseruan, memang dua tahun lalu lebih semarak tetapi tahun ini juga memiliki kesan tersendiri. Rangkaian acara pertandingan telah kami langsungkan kalau tidak salah sejak pertengahan akhir bulan Juli.” jelasnya lagi. “Keseluruhan lomba ini akan berpuncak nanti malam, Rabu, 18 Agustus 2021 yakni dengan diadakannya malam Budaya yang diisi dengan presentasi kebudayaan dalam bidang kuliner yang akan dinikmati bersama-sama, kemudian diselingi oleh presentasi kelompok-kelompok yang menjadi juara dalam pertandingan kesenian yang telah diadakan. Untuk presentasi macam ragam kuliner akan dilangsungkan di Gedung Kantate sedangkan presentasi kesenian akan dilangsungkan di Bukit Zaitun Convention Hall.”

Sehubungan dengan itu, dua orang mahasiswa tingkat V yang merupakan tingkat akhir dari masa jenjang Pendidikan dan pembentukan di I-3 memberikan kesaksian. Kedua mahasiswa tersebut adalah Yorianto asal Sulawesi Tengah dan Timotius Ben Sitompul asal Jakarta. Ajang perayaan Agustusan tahun ini merupakan perayaan terakhir bagi mereka mengingat sebentar lagi mereka akan diwisuda. “Saya senang karena I-3 tidak pernah kehilangan momentum dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Walaupun masa ini masa pandemi tetapi seluruh kegiatan tetap berlangsung dengan baik dan tentu saja tetap memperhatikan protokol Kesehatan. Apalagi semua kami di dalam komplek ini telah divaksin, baik vaksin tahap satu maupun vaksin tahap dua.” Jelas Yori yang dipertegas oleh Timotius bahwa “Perayaan tahun ini menurut saya lebih dapat saya nikmati, walaupun tidak ada upacara bendera tetapi rasa semangat perjuangan dan kebersamaan benar-benar saya rasakan. Mudah-mudahan juga dirasakan oleh adik-adik tingkat kami yang lainnya.” Saat ditanya lomba apa saja yang menurut mereka berkesan, mereka menyebutkan lomba Vocal Group, Lomba Tari, Lari estafet, gerak jalan, makan kerupuk, outbound hingga lomba Cipta Lagu Kebangsaan bertemakan Perjuangan yang diikuti bukan saja oleh I-3 melainkan diikuti oleh STT Eben Ezer di Tanjung Enim, Sumatera Selatan dan STT Abdi Allah Injil di Anjungan, Kalimantan Barat. Ketiganya adalah Sekolah Tinggi Teologia yang dinaungi oleh Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia Batu (YPPII Batu) di Kota Batu, Jawa Timur. Menurut pengamatan penulis yang mengikuti beberapa cabang kesenian yang dilombakan, I-3 memiliki begitu banyak talenta dan bakat. Para mahasiwa/I bukan saja fasih dalam hal berkhotbah dan pelayanan tetapi juga dalam karya seni dan budaya. Bahkan khususnya mahasiswa tingkat 1 dan 2 telah menyita perhatian penulis, dalam gerak dan lagu mereka begitu fasih dan juga dalam tari-tarian daerah serta lomba cipta lagu bertemakan perjuangan.

Tidak mau kalah dari adik-adik tingkatnya. Para mahasiswa/I tingkat V yang merupakan tingkat akhir, menjuarai kurang lebih 7 bidang baik kesenian maupun olahraga yang diperlombakan. Dibandingkan perayaan tahun lalu, perayaan hari kemerdekaan RI tahun ini tidak dilangsungkan upacara bendera melainkan langsung senam Bersama yang dipimpin oleh DR. Roland Octavianus selaku Ketua Umum YPPII Batu sebagai Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta (BPPTS) dan pada hari yang sama, lomba gerak jalan sekaligus menjadi cabang olaraga yang menutup perlombaan olahraga yang telah dilangsungkan selama ini.

IMG 20210818 WA0025Sementara itu pada sore hari, seluruh staff, dosen dan mahasiswa berkumpul di Kantate menikmati santapan khas Nusantara dan dilanjutkan dengan pagelaran seni budaya serta puncak perayaan HUT Kemerdekaan ke-76 RI di Bukit Zaitun Convention Hall. Acara berlangsung dengan semarak dan tidak hanya sampai disitu, pagelaran malam budaya pun ditayangkan secara online melalui kanal youtube hingga dapat disaksikan dan dinikmati bukan saja oleh para staff, dosen dan mahasiswa yang berada di kampus melainkan juga oleh para alumni, stake holders dan masyarakat luas dimana saja berada. Dalam hitungan beberapa jam saja, malam budaya tersebut telah dilihat sebanyak lebih dari 2,500 kali tayang. Begitu marak persembahan talenta dan bakat para mahasiswa I-3 bahkan para mahasiswa tingkat I pun sudah tampil dengan begitu cakap dan percaya diri. Acara dibuka oleh gebukan drum dari ketua senat, Samuel Pintor dan kemudian sambung menyambung acara pun mengalir mulai dari nyanyian, tarian yang kemudian berpuncak pada refleksi kemerdekaan yang begitu indah, patriotis dan menyentuh hati yang disampaikan oleh Dr. Gunaryo Sudarmanto, D.Th. Acara pun ditutup melalui pengumuman para juara lomba-lomba yang dipertandingkan dan para juara diberikan sertifikat yang dikeluarkan oleh panitia acara. Kata Sambutan dari Ketua Umum YPPII Batu, juga kata sambutan dari Rektor I-3, Dr. Sudung Nainggolan turut menyemarakkan acara malam itu.

Melihat gegap gempitanya acara demi acara yang diselenggarakan oleh Institut Injil Indonesia dengan bakat, talenta dan karya yang begitu kaya dari para mahasiswanya, sesungguhnya bangsa ini tidak akan kehabisan semangat dan energi dari generasi muda yang cinta akan tanah air dan bangsa, yang dapat membawa Indonesia tangguh dan tumbuh menuju Indonesia jaya dan adidaya.

Dirgahayu Republik Indonesia! Berkat kasih karunia dan pemeliharaan Allah yang hidup, turun memberkati para pemimpin bangsa dan generasi penerus bangsa.