Menko Marinves & Menkes Mengunjungi Fasilitas Isoter di YPPII Batu

1Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menkes Budi Gunadi Sadikin serta didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa
meninjau isolasi terpusat di Gedung Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia Batu (YPPII Batu) di Kota Batu.

Batu, Jumat 13 Agustus 2021 – Kunjungan sejumlah Menteri Republik Indonesia ke Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia Batu (YPPII Batu) di Kota Batu, Jawa Timur pada hari Jumat, 13 Agustus 2021, memberikan warna baru dan angin segar akan apresiasi dan perhatian pemerintah pusat terhadap kondisi pandemi yang tengah dihadapi oleh masyarakat. 

Keluarga besar YPPII Batu selaku Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta (BPPTS) dari Institut Injil Indonesia, menyambut kedatangan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan, beserta dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC,CLU. yang dalam agendanya sejak pagi telah berada di Malang, usai melakukan kunjungan kerja dari Denpasar, Bali.

Adapun kehadiran tersebut dimaksudkan untuk melakukan peninjauan isolasi terpusat (isoter) di beberapa lokasi dan YPPII Batu yang di dalamnya terdapat kampus Institut Injil Indonesia (I-3), termasuk dalam salah satu lokasi yang menyediakan fasilitas guna berlangsungnya isoter bagi masyarakat di kota Batu dan sekitarnya. YPPII Batu yang kehadirannya diprakarsai oleh Pdt. Petrus Octavianus, yang semasa hidup senantiasa menggaungkah motto” Hidupku untuk Tuhan dan sesama”, telah mewariskan semangat yang sama kepada para generasi penerusnya yang kemudian membina hubungan yang baik dengan pemerintah Kota Batu dan Rumah Sakit Muhammadiyah, Malang sehingga para penderita Covid dapat diterima di bangunan yang baru dan juga diberikan pelayanan yang baik melalui isoter di komplek tersebut.

Dalam kunjungan singkat itu, Luhut mengingatkan pemerintah daerah untuk menerapkan transparansi data terkait tambahan kasus maupun kasus kematian. Dengan adanya keterbukaan data, maka akan membuat pola penanganan semakin simultan dan tepat. Lagi menurutnya, meski ada lonjakan kasus, apabila penanganan tepat maka kasus pun akan perlahan menurun. “Jangan khawatir mengenai angka. Biar saja tinggi, kalau tinggi, kita obati pasti turun!” tegasnya. Hal serupa disampaikan oleh Menkes, Budi Gunadi Sadikin, ia menyebutkan bahwa seluruh elemen harus kompak dalam melakukan penanganan Covid-19 dan tidak saling menutupi data.

Para penghuni shelter isoter ditanyai mengenai keadaan dan kondisi mereka selama tinggal disana. Tampak mereka senang dan semangat mendapat kunjungan yang tidak disangka-sangka. Menko Luhut Panjaitan didampingi oleh DR. Roland Octavianus, Ketua Umum YPPII Batu sedangkan Menkes didampingi oleh dokter Yermi Octavianus dan Dr. Benny Octavianus SP.P, FISR, yang selain beliau merupakan salah satu pengurus dari YPPII Batu, juga merupakan Kepala penanganan Covid RS Rujukan Covid DKI, RSUD Cengkareng dan sekaligus Asisten khusus Menteri Pertahanan RI, Bidang Kesehatan. Juga tampak dalam rombongan, Wali kota Kota Batu, Hj. Dra. Dewanti Rumpoko, M.Si dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta beserta jajaran dan beberapa rekan pers.

Para pasien ditanya mengenai aktivitas sehari-hari sampai kepada menu makanan yang mereka terima. “Istri dan anak saya juga pernah mengalami Covid, sehingga saya tahu bagaimana mengatasi ini semua. Juga tidak lupa, anda semua harus tetap semangat!” pungkas Luhut sebelum akhirnya meninggalkan shelter isoter untuk kemudian bersama rombongan menuju ke makam almarhum Petrus Octavianus yang terletak di komplek yang sama.

Dari temuan di lapangan, ada pasien yang baru masuk, juga ada yang telah tiga dan empat hari tinggal di shelter isoter tersebut. Bangunan biru tiga lantai menjadi tempat mereka berkegiatan hingga akhirnya bersih dari virus Covid dan diperbolehkan kembali ke rumah masing-masing. Nampak aktivitas di dalam komplek tetap berjalan seperti biasa dengan tentunya memperhatikan protokol kesehatan. Terimakasih atas kunjungannya di kampus tangguh Institut Injil Indonesia dan Komplek YPPII Batu, Bapak-bapak Menteri juga Ibu Gubernur Jawa Timur dan Ibu Walikota Kota Batu beserta Bapak Kapolda beserta jajaran dan instansi terkait. Menjelang peringatan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 tahun ini, doa dan harapan kita semua selaku anak bangsa, kita taati anjuran pemerintah, memperhatikan protokol kesehatan agar pandemi ini dapat berlalu. Maju terus, pantang mundur, dirgahayu bangsaku, Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh!