Pelantikan Rektor Institut Injil Indonesia Periode 2021-2023

5 introBatu, 31 Juli 2021 – Institut Injil Indonesia (I-3; dibaca i-tiga) akan menempuh babak baru di bawah kepempimpinan Rektor yang baru, periode masa jabatan tahun 2021-2023, yakni Dr. Sudung Nainggolan, BSc., MHSc., seorang yang memiliki kepakaran dalam bidang Manajemen Pendidikan.

Acara pelantikan dilakukan pada hari Sabtu, 31 Juli 2021 bertempat di Bukit Zaitun, Convention Hall, Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia Batu (YPPII Batu) Jalan Indragiri nomor 5, Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Prosesi serah terima jabatan tersebut berlangsung dengan khidmat dan lancar.

Ini merupakan suatu gebrakan yang diharapkan dapat membawa Institut Injil Indonesia dalam memberi warna segar dan menambah warna pelayanan yang selama ini telah diberikan kepada masyarakat luas melalui kehadiran para lulusannya yang tersebar baik di Indonesia maupun mancanegara.

Acara Serah Terima Jabatan yang dilakukan secara tertutup dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ini dihadiri oleh Ketua Umum Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta (BPPTS) yang menaungi I-3 dan beserta Pengurus YPPII Batu, beberapa dosen dan senat mahasiswa juga disiarkan secara hybrid dan terbatas bagi para undangan.

Dr. Sudung ternyata bukanlah wajah baru dalam lingkup pelayanan YPPII Batu yang adalah Badan Pelaksana Pendidikan Tinggi Swasta (BPPTS) yang menaungi I-3. Pria paruh baya ini memulai orasinya dengan menyaksikan panggilan Tuhan dan karya Tuhan dalam hidupnya. Tuhan bekerja dalam tiap episode kehidupan hamba-Nya, dari Sumatera Utara, dibawa ke Jakarta, Amerika, Kalimantan Barat, Jakarta dan kemudian ke Batu. Selain di GKI Kebayoran Baru, Dr. Sudung juga mendapatkan kepercayaan menjadi Deputi Keuangan dari MPK YPPII Batu di Jakarta dan Sinode GMII yang senafas dengan pelayanan YPPII Batu, ia juga menjadi Ketua IV Bidang Keuangan dan Pembangunan.

1 1Sejatinya, sejak kelas 2 SMA ia bercita-cita menjadi hamba Tuhan, dimasa mudanya ia sempat mengikuti ujian masuk di dua STT yang berlokasi di Pematang Siantar dan Yogyakarta namun rencana Tuhan kemudian membawanya dalam Persekutuan Kampus Depkes Hang Jebat yang pada masa itu dilayani oleh MPK-YPPII Batu dan pada akhirnya lahir baru dalam acara tahunan yang diselenggarakan oleh YPPII Batu yakni Kebaktian Tahunan Nasional (KTN) pada tahun 1980. Selain dari pada itu ia juga merupakan Inisiator persekutuan Depkes dan beberapa Rumah Sakit di Jakarta dan terlibat aktif dalam Kementerian Kesehatan dan Kemdikbudristek. Lulusan dari John Hopkins University School of Hygiene and Public Health in United States of America ini sejak tahun 2001 hingga 2021 tercatat sebagai dosen dari Fakultas Kedokteran di Universitas Kedokteran Indonesia (FK-UKI) Jakarta dengan latar belatar lulusan gelar Doktoral dalam bidang Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Selain dari pada itu ia juga aktif dalam pelayanan sejenis dan pelayanan kepenatuaan di GKI Kebayoran Baru Jakarta.

Sejalan dengan semangat awal para pendiri menjadikan Institut Injil Indonesia menghasilkan hamba-hamba Tuhan yang mengasihi Tuhan, taat pada panggilan Tuhan dan setia melayani Tuhan dan sesama, Nainggolan mengungkapkan dalam mengelola Institut hari-hari ini tentu berbeda dengan para pendahulunya, tantangan akreditasi kelembagaan menjadi salah satu titik perhatian yang tentunya tidak melunturkan semangat awal para pendirinya.

Terkait akan hal ini, Dr. Sudung, dalam orasinya yang diberi judul “Mozaik Penggilan Pelayanan”, mengemukakan setidaknya ada tujuh poin yang menjadi poin perhatiannya dalam masa jabatan yang akan berlangsung selama dua tahun tersebut yakni ; Peningkatan Akreditasi Institusi dan Prodi, Penjalinan Kerjasama Pemerintah dan Stakeholders lainnya baik di dalam negeri maupun luar negeri dalam upaya menggali revenue/pemasukan institusi, Pengembangan Centre of Excellence, Pengembangan Prodi Non Teologi, baik jenjang Akademik Vokasi, Peningkatan Jenjang Akademik Dosen, Peningkatan Infrastruktur Institusi dan yang terakhir yang tidak kalah penting adalah Regenerasi Kepemimpinan I-3. “Mari kita berjuang semaksimal mungkin agar I-3 semakin optimal dalam kegiatan akademik, pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat, seturut standar Pendidikan tinggi di Indonesia”, jelas Dr. Sudung.

Dalam pelantikan yang dilakukan oleh Pdt. DR. Roland Octavianus, Th.D selaku Ketua Umum YPPII Batu sekaligus Ketua Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta (BPPTS) I-3, terlebih dahulu dibacakan surat keputusan oleh Sekretaris Umum YPPII Batu, Pdt. Jansen Amiman, S.Th. Serah terima jabatan dilakukan antara Plt. Rektor Candrawati, SE., M.Th., kepada Rektor terpilih yang bersamaan dengan itu dilantik juga 3 orang Wakil Rektor yang baru serta Kepala Badan Penjaminan Mutu Riset dan Pengabdian Masyarakat. Dalam sambutannya, Roland Octavianus menyampaikan rasa optimisnya akan wajah-wajah baru dalam jajaran rektorat I-3 akan dapat optimal dalam karya dan kinerja sehingga dapat menjadi Lembaga Pendidikan teologi yang unggul dan terpercaya.

Dalam rangkaian prosesi tersebut juga disampaikan kata sambutan oleh Dewan Pengawas dan Dewan Pembina YPPII Batu, dr. Yermi Octavianus, SPOG selaku Ketua Dewan Pembina menyampaikan harapannya terkait akreditasi dimasa mendatang yang diharapkan lebih baik lagi dan semoga I-3 dibawah kepemimpinan rektor yang baru dapat membenahi kekurangan yang ada dan mengasah keunggulan-keunggulan yang selama ini dimiliki. “Banyak hal yang telah dikerjakan oleh institusi namun tidak terdokumentasikan secara baik maka dari itu catat apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang dicatat!”, jelasnya. Lagi katanya, “bersama-sama kita bersatu padu, tidak berkelompok berdasarkan suku, bersama-sama melayani sebagaimana nilai yang diwariskan oleh pada pendiri institusi dengan tetap memperhatikan karakter Kristus dan berkompetensi profesional.” Selain itu Ir. Effendy Situmorang, MBA., selaku dewan Pengawas YPPII Batu juga menyampaikan pesannya agar institusi yang telah berada lebih dari separuh abad ini dapat lebih optimal dalam mengembangkan segala potensi yang ada. Prosesi pelantikan kemudian ditutup oleh doa yang dilakukan oleh Pdt. Pondsius Takaliuang, dosen senior dalam lingkup akademik I-3, yang juga seorang pakar dalam bidang Okultisme. Selain Kepala Badan Penjamin Mutu, Riset dan Pengabdian Masyarakat yang kini dijabat oleh Dr. Iwan Setiawan, berikut ini adalah nama-nama yang menjabat dalam susunan kepemimpinan baru periode 2021-2023 di Insititut Injil Indonesia (I-3) :
Rektor : Dr. Sudung Nainggolan, BSc., MHSc
Wakil Rektor I : Dr. Ridwan Henry Simamora
Wakil Rektor II : Erikson S. M. S.E , M.Th, Dr. (C).
Wakil Rektor III : Dr. Dina E. Latumahina
Wakil Rektor IV : Dr. Fredi Purwanto, S.E.

2 2