Pada acara pembukaan Ketua Umum YPPII Batu  ke-58 Pdt. DR. Roland M. Octavianus Th.M, melepaskan merpati ke udara sebagai tanda dimulainya rangkaian perayaan ulang tahun YPPII Batu. Pada kesempatan yang berbahagia tersebut, segenap pengurus YPPII Batu, Staff dan Dosen Institut Injil Indonesia beserta mahasiswa berolahraga bersama-sama. Hal ini menunjukkan bahwa empat tiang rohani YPPII Batu tetap terjaga dan terpelihara. Persekutuan merupakan ciri khas yang terus dipertahankan dari generasi ke generasi. Hangatnya suasana kekeluargaan tampak dalam canda dan tawa yang terpancar pada acara olahraga pagi ini.

 

Institut Injil Indonesia adalah salah satu lembaga pendidikan teologi yang memiliki visi yaitu “Menjadi Institusi Pendidikan Teologi Injili yang profesional di bidang Misi dan Pertumbuhan Gereja di Indonesia dan Asia.” Demi pencapaian visi tersebut, maka seluruh civitas akademika Institut Injil Indonesia disemangati dengan suatu motto yaitu “Berkarakter Kristus, Berkompetensi Profesional.” Salah satu wujud dari pembinaan berdasarkan visi dan misi tersebut maka Bidang Kemahasiswaan dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Injil Indonesia memvasilitasi suatu wadah untuk membina mahasiswa yaitu melalui Pelayanan Tim Kampus yang dilaksanakan dalam dua periode yaitu periode I Desember – Januari dan periode II Mei – Juni.

 Pelayanan Tim Kampus periode pertama telah selesai dilaksanakan. Pelayanan Tim Kampus  merupakan salah satu implementasi visi dan misi demi menghasilkan hamba – hamba Tuhan yang memiliki karakter yang serupa dengan Kristus, menjadi pribadi yang dikehendaki Tuhan, membina, melatih serta memperlengkapi mahasiswa agar memiliki profesionalitas dalam pelayanan di bidang misi dan pertumbuhan gereja. Pelayanan Tim Kampus ini diperuntukan khusus bagi mahasiswa Institut Injil Indonesia yang berada dalam tahun pertama. Pelayanan Tim Kampus terdiri dari semua fakultas dan jurusan yang ada di Institut Injil Indonesia. Adapun kegiatan Pelayanan Tim Kampus dalam kerjasama satu angkatan.

 

Pada kesempatan kali ini Puji Tuhan di awal tahun yang baru Institut Injil Indonesia Batu kedatangan kunjungan dari STT Syalom Lampung , perwakilan dari STT Syalom Lampung mengunjungi Institut Injil Indonesia Batu pada tanggal 15 Januari 2019. Yang di sambut langsung oleh Dr. Gunaryo Sudarmanto, D.Th selaku Rektor Institut Injil Indonesia beserta Purek I, Purek II, Purek III, Purek IV.

Dalam kesempatan kunjungan ini STT Syalom Lampung ingin lebih mengenal Institut Injil Indonesia dan saling sharing Tri Dharma Perguruan Tingggi Agama Kristen. Sebagai penutupan kunjungan, STT Syalom Lampung memberikan penghargaan berupa plakat sebagai apresiasi atas kunjungan studi banding di Institut Injil  Indonesia.

Institut Injil Indonesia bersyukur dan berterimakasih atas kunjungan dari STT Syalom Lampung.

 

Rabu. 12 Desember 2019 jam 08.00 suasana kampus lebih ramai jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Pada hari itu ada 47 mahasiswa yang siap mengikuti Ujian Komprehensif.

Ujian komprehensif adalah ujian lisan yang harus diikuti oleh mahasiswa setelah lulus seluruh mata kuliah. Ujian Komprehensif dilaksanakan sebelum ujian skripsi. Ujian dimaksud untuk mengevaluasi penguasaan mahasiswa terhadap keilmuan dalam program studi masing-masing.Ujian komprehensif diselenggarakan agar ada standar keilmuan yang dikuasai oleh mahasiswa sebelum melanjutkan ke tahap ujian skripsi . Sehingga mahasiswa yang lulus dari Institut Injil Indonesia memiliki kemampuan yang sama dalam bidang yang di persayaratkan.

Dengan pelaksnaan ujian komprehensif damat mengukur capaian pembelajaran baik capaian di tingkat institute, fakultas, program studi atau capaian yang bersifat khusus sebagai identitas perguruan tinggi. Dengan demikian pelaksanaan ujian komprehensif akan terus ditata dan disosialisasikan kepada semua civitas akademik yang ada berada di lingkungan.

Berlangsungnya Ujian Komprehensif Institut Injil Indonesia merupakan anugerah Tuhan.

Mengacu pada kalender akademik Institut  Injil Indonesia, mahasiswa Institut Injil Indonesia mengikuti Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun 2018/2019. Pelaksanaan  Ujian Akhir Semester kali ini berjalan serempak ketiga Fakultas yang  ada di Institut Injil Indonesia. Ujian Akhir Semester Ganjil tersebut dimulai dari tanggal 13 sampai dengan 18 November 2018

Ujian Akhir Semester Ganjil ini bisa dijadikan sebagai salah satu kegiatan untuk menggetahui pencapaian hasil belajar mahasiswa, Ujian telah berjalan baik dan sesuai dengan prosedur yang diberlakukan dalam Ujian Akhir Semester Ganjil terutama dalam hal ketuntasan belajar.

Peserta Ujian Proposal Tesis dari Program Magister sebanyak 18 peserta ujian. Seluruh peserta ujian merupakan para mahasiswa Institut Injil Indonesia yang telah menyelesaikan perkuliahan tatap muka dan memenuhi indeks prestasi kumulatif minimum seperti yang telah ditetapkan lembaga dan sesuai Permenristek Dikti No. 44 tentang SPMI terkhusus Standar Pendidikan.

 

Pelaksanaan Ujian Proposal ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 12 s/d 13 November 2018 dapat berlangsung dengan baik berkat kerjasama dari semua pihak.

Harapan kita bersama semua peserta Ujian  Proposal Tesis kedepannya dapat berlanjut  dalam mengikuti Ujian  Tesis. Dan doa kita  bersama kedepannya Institut Injil Indonesia terus dipercayakan untuk melaksanakan Ujian Tesis sesuai dengan SK Ijin Penyelenggaraan Program Studi yang telah diperoleh. Segala kemuliaan hanya  bagi Tuhan.

 

Pengibaran bendera diatur dalam UU 24/2009. Pada pasal 7 ayat (3) dinyatakan bahwa bendera NKRI wajib dikibarkan pada setiap peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus oleh warga negara yang menguasai rumah, gedung atau kantor, lembaga pendidikan, transportasi umum dan transportasi  pribadi di seluruh wilayah NKRI dan dikantor perwakilan RI di luar negeri.

Maka dari itu Institut Injil Indonesia juga tidak mau ketinggalan untuk memperingati Perayaan HUT Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2018. Pada Jumat, 17 Agustus 2018 tepatnya pukul 07.00 WIB diadakan upacara bendera di kompleks YPPII Batu. Para peserta antara lain, Pengurus Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia Batu, Dosen, Staf dan mahasiswa Institut Injil Indonesia. Upacara ini diadakan oleh unsur pemerintahan yakni dari RW 08. RW 08 adalah Rukun Warga yang wilayahnya adalah kompleks YPPII Batu dimana di dalamnya adalah Institut Injil Indonesia.

Dalam rangka memperingati HUT Ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2018, Pemerintah Kota Batu menyelenggarakan Upacara Memperingati Proklamasi Indonesia.  Institut Injil Indonesia diundang untuk mengikuti upacara tersebut yang diselenggarakan pada hari kamis, 17 Agustus 2018 pukul 08.00 WIB bertempat di Stadion Brantas Kota Batu. Institut Injil Indonesia menghadirkan Tingkat V untuk mengikuti upacara tersebut. Dan sebagian Dosen, Staf dan mahasiswa Institut Injil Indonesia mengikuti upacara Kelurahan Songgokerto yang bertempat di Lapangan Paralayang Kota Batu.

Mengawali semester genap tahun ajaran 2018/2019, Insitut Injil Indonesia menyelenggarakan acara retreat pembukaan semester genap 2018/2019 yang berlangsung tanggal 10-12 Januari 2019. Pelaksanaan retreat ini bertema: “BERDIRILAH TEGUH” terambil dari 1Korintus 15:58. Retreat ini diadakan di Bukit Zaitun Convention Hall. Acara retreat pembukaan semester genap ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Institut Injil Indonesia sebelum seluruh kegiatan perkuliahan dimulai. 

 

Acara ini diisi dengan Pembelajaran Alkitab, Informasi dari Yayasan, Informasi dari Rektor dan para Pembantu Rektor (PUREK) dan Kebaktian Kebangunan Rohani disisi waktu ada kesaksian mahasiswa pulang praktek 8 bulan. Adapun tujuan dari retreat ini adalah untuk kembali menyegarkan segenap sivitas akademika Institut Injil Indonesia sepulang dari libur Desember. 

Pdt. Dr. G. Sudarmanto, D.Th sebagai Rektor Institut Injil Indonesia menekankan pentingnya kedisiplinan. Kedisiplinan waktu dan kerohanian merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap hamba Tuhan. Hamba Tuhan sebagai panutan bagi setiap orang dituntut untuk menunjukkan sikap yang serupa dengan Tuhannya. Oleh sebab itu, Institut Injil Indonesia sebagai Perguruan Tinggi yang membentuk para hamba Tuhan memiliki peraturan dan sistem yang ketat dengan harapan, lulusannya dapat menjadi berkat dimanapun mereka melayani.

Dalam acara Retreat Semester genap Ajaran Baru semua para Dosen, Staff dan Mahasiswa mengikuti dengan antusias. Ini semua karena pertolongan Tuhan dapat berjalan dengan baik. Biarlah semua dapat mengawali semester genap ajaran baru dengan penuh sukacita.

Institut Injil Indonesia mendapat kunjungan dari STT GLOW Jakarta, Pada tanggal 6 November 2018. Kunjungan STT GLOW Jakarta ke Institut Injil Indonesia adalah merupakan rangkaian dari kegiatan Studi Banding, selama 4 hari pada tanggal 6 s/d 9 November 2018. STT GLOW Jakarta diwakili oleh 17 mahasiswa yang mengikuti kegiatan studi banding di Institut Injil Indonesia. Kegiatan studi banding sesungguhnya memiliki makna dan tujuan yang sangat positif bagi sekolah dan mahasiswa. Mahasiswa/i STT GLOW selama empat hari tinggal di asrama Institut Injil Indonesia dan mengikuti semua kegiatan mahasiswa Institut Injil Indonesia, mulai dari aktivitas dari bangun tidur, chapel pagi sampai renungan malam.

Bersyukur sekali mahasiswa STT GLOW Jakarta sangat terberkati selama tinggal di Institut Injil Indonesia dan bebaur bersama mahasiswa Institut Injil Indonesia. Kebahagian itu dapat dirasakan setiap masing-masing mahasiswa STT GLOW Jakarta.

Hasil studi banding bagi Institut Injil Indonesia adalah dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik bagi mahasiswa. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan suatu kebutuhan yang diharapkan untuk kedepannya.

Pada hari senin 13 Agustus 2018, telah dilaksanakn acara penadatangan kerjasama Nota Kesepahaman (MoU) bersama antara Institut Injil Indonesia Batu dan Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST) yang ditandatangani oleh Rektor Institut Injil Indonesia Batu Pdt. Dr. Gunaryo Sudarmanto, D.Th dilanjutkan dengan penandatanganan oleh Ketua Umum Sinode Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST) Pdt. Patras Madonsa, M.Th yang bertempat di Bukit Zaitun I Institut Injil Indonesia Batu setelah ibadah chapel pagi.

Nota Kesepahaman (MoU) bersama tersebut memuat pasal-pasal tentang Kerjasama dalam bidang Pelayanan dan Pendidikan. Adapun kerjasama ini memiliki tujuan yang sudah  disepakati. Dengan berlangsungnya kerjasama ini ke depan Institut Injil Indonesia dapat bergandeng tangan dengan Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST) secara khusus dalam Pelayanan dan Pendidikan.

 

Dalam menyambut Natal 2018 Institut Injil Indonesia merayakan Natal bersama YPPII Batu,  perayaan natal digelar pada Jumat, 7 Desember 2018 di Gedung Bukit Zaitun 1. Thema Perayaan Natal kali ini sama dengan thema besar Perayaan Natal 2018, yakni “Disini Kami Berdiri” (Roma 1:16-17; 2 Timotius 4:1-5) subtema Teguh dalam visi dan panggilan Tuhan untuk menjadi terang bagi bangsa-bangsa. Acara ini dihadiri oleh keluarga karyawan,  dosen, beserta Staf, mahasiswa Institut Injil Indonesia dan Pengurus YPPII Batu.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Panitia Natal Dr. R. Henry Simamora di lanjut penampilan Voice  dengan membawakan sebuah lagu berjudul “Havenu Syalom Alaheim”. Tidak lupa sambutan dari perwakilan pembina YPPII Batu dr. Jermy F. Octavianus, Sp.OG  dan Pengkotbah dibawakan oleh Pdt. DR. Roland M. Octavianus, Th.M

 

Turut memeriahkan acara antara lain penampilan dari Tim Masamper Audya Tingkat V Teologi, Paduan suara Bu Hanny Alfons, Teater mahasiswa, Nyanyian Persekkutuan Wanita (PW) dan nyanyian dari seluruh karyawan dan dosen Institut Injil Indonesia.

 

Semua tamu dan undangan bersuka cita mengikuti serangkain acara Natal Bersama YPPII Batu ini terlihat dari antusias dan semangat mereka menyambut natal. Institut Injil Indonesia mengucapkan Selamat Natal bagi yang merayakkan.

Studi banding pengayaan lapangan Fakultas Ushuluddin, dari  Universitas Darussalam Gontor di Institut Injil Indonesia Batu. Pada hari jumat tanggal  19 Oktober 2018, yang di sambut langsung oleh Dr. Jammes J. Takaliuang.  Materi disampaikan oleh Dr. Ferdinan S. Manafe yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.


 


 

 

 

 

Kunjungan ini ditujukan supaya mahasiswa Fakultas Ushuluddin dapat berjumpa secara langsung dengan para pemeluk lintas agama. Untuk menemukan titik temu dari apa yang sudah dipelajari mahasiswa Fakultas Ushuluddin di kelas dengan apa yang terjadi di lapangan. Bagaimana cara mahasiswaFakultas Ushuluddin dalam membaca lapangan untuk mendapatkan wawasan, serta mengalami secara langsung pada Institut Injil Indonesia Batu yang di kunjungi.

 

.

Mengawali tahun ajaran 2018-2019, Institut Injil Indonesia (I-3) melaksanakan Pekan Orientasi Mahasiswa Baru pada tanggal 25-28 Juli 2018 dengan tema “Beritakanlah Firman”, dengan landasan Firman Tuhan 2 Timoius 4:2. Berlangsungnya Pekan Orientasi ini merupakan satu momen penting bagi Institut Injil Indonesia, karena dengan bertambahnya mahasiswa baru, serta mengawali seluruh kegiatan akademika sepanjang tahun ajaran 2018-2019 semua mahasiswa dan seluruh dosen perlu disegarkan dengan Firman Tuhan yang telah disampaikan sepanjang Pekan Orientasi, baik pada pagi hari maupun malam hari. Pagi hari Firman Tuhan disampaikan dalam bentuk PA (Penelaahan Alkitab), dan malam hari dalam bentuk KKR (Kebaktian Kebangunan Rohani).

Selain pemberitaan Firman Tuhan, juga setiap bidang memberi pengarahan kepada mahasiswa, baik bidang Akademik, bidang Administrasi, dan bidang Kemahasiswaan serta Pelayanan, dan juga mahasiswa harus memahami dengan bidang Legislasi dan Publikasi di Institut Injil Indonesia.

 

Institut Injil Indonesia kedatangan Ibu Kajari Nur Chusniah, SH., MH sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kota wisata Batu. Pada hari kamis, 26 Juli  2018 yang menyampaikan suatu Wawasan Kebangsaan pada Dosen, Staf, Karyawan dan mahasiswa Institut Injil Indonesia. 

 

Dalam Pekan Orientasi Mahasiswa ada hal yang sangat menarik, yaitu kesaksian dari tiap mahasiswa baru, baik kesaksian pertobatan maupun kesaksian panggilan menjadi hamba Tuhan. Seluruh acara Pekan Orientasi Mahasiswa baru dapat berlangsung deengan baik atas pertolongan Tuhan, biarlah segala kemuliaan hanya bagi Tuhan.

 

 

 

Peserta Ujian Proposal dari Program Studi Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Misiologi. Program Studi Teologi 24 peserta ujian, Program Studi Pendidikan Agama Kristen 4 peserta ujian dan Program Studi Misiologi 7 peserta ujian. Seluruh peserta ujian merupakan para mahasiswa Institut Injil Indonesia yang telah menyelesaikan perkuliahan tatap muka dan memenuhi indeks prestasi kumulatif minimum seperti yang telah ditetapkan lembaga dan sesuai Permenristek Dikti No. 44 tentang SPMI terkhusus Standar Pendidikan.

Pelaksanaan Ujian Proposal ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 14 - 15 Februari  2019 dapat berlangsung dengan baik berkat kerjasama dari semua pihak.

 

 

 

 

 

Harapan kita bersama semua peserta Ujian  Proposal kedepannya dapat berlanjut  dalam mengikuti Ujian Skripsi. Dan doa kita  bersama kedepannya Institut Injil Indonesia terus dipercayakan untuk melaksanakan Ujian Tesis sesuai dengan SK Ijin Penyelenggaraan Program Studi yang telah diperoleh. Segala kemuliaan hanya  bagi Tuhan.

Institut Injil Indonesia telah menggelar Rapat terbuka Senat nstitut Injil Indonesia dalam rangka Wisuda dan Pengutusan Program Sarjana dan Pascasarjana, Tepatnya hari Sabtu 11 Agustus 2018, jam 09.00 WIB, di gedung Bukit Zaitun YPPII Batu, telah dilangsungkan Acara Wisuda sebanyak: 77  orang Program Sarjana dan 28 orang dari Program Pascasarjana, dan  Program Doktor sebanyak 10 orang.

Dengan tema wisuda "Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi Teologi Dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia Kristen Yang Profesional di Gereja dan Masyarakat", oleh orator Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si sebagai Dirjen Bimas Kristen Kementrian Agama Republik Indonesia.

Acara Wisuda dapat berjalan dengan baik berkat pertolongan Tuhan. Doa dan harapan Institut Injil Indonesia ke depan bagi para wisudawan makin terus giat dalam melaksanakan tugas panggilan pelayanan dengan talenta yang Tuhan anugerahkan.

 

 

Dengan mendapatkan gelar disertasi S3, pada hari selasa tanggal 27 November 2018 Program Doktor Teologi telah mengadakan Ujian Proposal Disertasi yang diadakan di Institut Injil Indonesia Gedung Pascasarjana lantai 2. Peserta Ujian Proposal diikuti sejumlah 11 mahasiswa.

Semoga dengan hasil yang dicapai dalam Ujian Proposal Disertasi dapat menjadi bekal untuk melangkah dalam Ujian Disertasi selanjutnya.

Doa dan harapan kedepan Institut Injil Indonesia dipercayakan untuk melaksanakan Ujian baik dari program S1 sampai S3. 

Dalam Rangka Kemerdekaan HUT RI Ke 73 Mahasiswa Institut Injil Indonesia mengikuti perlombaan Indonesia Akustik yang bekerja sama dengan BKSG (Badan Kerja Sama Gerejawi), FPK (Forum Pembaharuan Kebangsaan) Lippo Plaza dan Wika Cell di selenggarakan Di Lippo Plaza Batu lantai 1 pada tangggal  18 Agustus 2018, dengan mengungsungkan tema “Kerja Kita Prestasi Bangsa”. 

Dalam perlombaan tersebut Mahasiswa Institut Injil  Indonesia ikut serta menyemarakan dalam perlombaan Indonesia Akustik, yang di wakili 2 (dua) band, yaitu: 

Vinko Kriskko Band dengan membawakan lagu Oh Negriku (Crisye) dan Demi Indonesia (Aqoutes); 

Kalamentez Band dengan membawakan lagu Meraih Bintang (Via Vallen) dan Papua Dalam Hati (Zoa-Zoa).

Puji Tuhan, Mahasiswa memenangkan perlombaan dengan menjuarai Juara 1 dan Juara 3. Melalui perlombaan Indonesia Akustik mahasiswa Institut Injil Indonesia dapat berperan serta bersama masyarakat Kota Batu, mensyukuri dan Turut memeriahkan HUT RI Ke 73 di Kota Batu melalui kegiatan-kegiatan yang ada.

 

Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia Batu sebagai Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta dari Institut Injil Indonesia memiliki agenda pelayanan yang bersifat makro (skala besar) yakni Kebaktian Tahunan Nasional. Tahun 2018 merupakan Kebaktian Tahunan Nasional ke-55 yang diselenggarakan oleh YPPII Batu. Institut Injil Indonesia sebagai salah satu perguruan tinggi yang dikelola YPPII Batu berkesempatan untuk terlibat secara langsung pada pelayanan ini.

Kali ini, Kebaktian Tahunan Nasional yang telah terselenggara lebih dari 50 tahun dibuka oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Bapak Yasonna Hamonangan Laoly SH., MSc., Ph.D sebagai utusan resmi dari Presiden RI yang berhalangan hadir. Kedatangan Bapak Menteri beserta Muspida Kota Batu disambut oleh tari dan lagu oleh anak-anak asuh Departemen Diakonia YPPII Batu. Tampak Bapak Menteri dan Muspida sangat antusias atas penyambutan tersebut.

Kebaktian Tahunan Nasional ke-55 YPPII Batu kali ini mengangkat Tema "Bangkit dan Mengemban Kesejahteraan Bangsa-Bangsa" yang diambil dari Yesaya 60:1 dan Subtema "Menjadi Mitra Allah Dalam Merajut Kesejahteraan Bangsa-bangsa".

Kebaktian Tahunan Nasional kali ini disemarakkan oleh puji-pujian oleh paduan suara YPPII Batu, GMII Makedonia Jakarta dan para peserta KTN yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Acara KTN dibagi menjadi beberapa kelompok mengikuti usia para peserta antara lain, Balita, Anak-anak, Remaja, Pemuda dan Dewasa. Kebaktian Tahunan Nasional dilaksanakan selama enam hari dan dibagi ke dalam beberapa acara antara lain, Penggalian Alkitab, Uraian Tematis dan Kebaktian Kebangunan Rohani.

 

 

Page 1 of 3
Load More