ACARA RETREAT PEMBUKAAN SEMESTER GENAP 2020-2021, INSTITUT INJIL INDONESIA

PENYELIDIKAN ALKITAB (Senin, tgl.18 Januari 2021)
Oleh Ibu Dr. Sherly Mudak, terambil dari teks I Yohanes 4:7-12. Beberapa hal penting dalam PA yang beliau sampaikan adalah:
1) Untuk mengasihi orang lain tidak mudah. Karena dibutuhkan kesabaran. Surat I Yohanes dikenal sebagai Surat Pastoral untuk melayani jemaat yang konflik, dan sedang menghadapi guru-guru palsu, yang menganggap dirinya suci. Yohanes sendiri memakai 37 kali kata “agape”, baik dalam Kitabnya maupun dalam dua suratnya. “Agape” adalah “kasih walaupun”.
2) Teks ini mengajarkan bahwa kasih harus merupakan gaya hidup, karena kita lahir dari Allah, maka kita pun harus bisa mengasihi sesama. “Mengenal Allah” artinya ada persekutuan yang intim dan kontinyu dengan Tuhan.
3) Kasih pasti memberi. Tetapi bisa juga “memberi tapi tanpa kasih”, artinya hanya terpaksa atau ada maksud-maksud tertentu.

PA Ibu Sherly Manafe

PENGARAHAN KETUA BPPTS
Ketua BPPTS, Pdt. DR. Roland M. Octavianus, Th.M., menyampaikan pengarahan yang dilandaskan pada Firman Tuhan dari Injil Matius 25:1-13. I-3 harus seperti 5 wanita bijak, yang selalu siaga dan antisipatif. Dari landasan Firman Tuhan tersebut, Ketua BPPTS menjelaskan tentang rancangan pengembangan prodi-prodi baru sesuai perkembangan dan kebutuhan stakeholder.

Pengarahan Ketua BPPTS

PENGARAHAN DARI SEKUM YPPII
Sekretaris Umum YPPII Batu, Pdt. Yansen Amiman, S.Th., menyampaikan beberapa poin arahan:
1. Kita semua harus focus pada tujuan.
2. Mari kita melihat beberapa figur dalam Alkitab, khususnya: Maria dan Daniel.
    - Maria: lebih banyak mendengar dari pada berbicara
    - Daniel: cepat merespon
3. Para dosen: harus memajukan diri dan I-3.
4. Kekristenan itu hal praktis, bukan teoritis

Pengarahan SEKUM YPPII

PENGARAHAN REKTOR I-3
Rektor Institut Injil Indonesia, Pdt. Dr. Erni M.C. Efruan, DTh., menyampaikan arahannya bahwa, tidak ada yang aman di bumi ini. Dimana-mana terjadi bencana, kecelakaan, dan pandemi covid-19 yang belum tahu di mana ujungnya. Tapi mari kita pegang Mazmur 62, bahwa hanya dekat Allah saja kita tenang, karena dari pada-Nyalah keselamatan kita. Hanya Tuhan-lah gunung batu kita, kota benteng kita, dan kita tidak akan goyah.

Pengarahan Rektor 2

PENYELIDIKAN ALKITAB (Selasa, 19 Januari 2021)
Oleh Ibu Olivia Masihoru, M.Pd.K., terambil dari Kitab I Petrus 2:18-25, dengan tema TELADAN KASIH KRISTUS. Beberapa kebenaran dari teks itu adalah:
1) Sebagai orang yang dipimpin, harus menghormati pemimpin. Dan sebagai pemimpin harus menghargai orang-orang yang dipimpin.
2) Harus ada rasa takut dihukum jika telah melakukan kesalahan. Namun harus tetap hormat, artinya tidak mau mengecewakan pimpinan kita.
3) Bertahan dalam penderitaan adalah gaya hidup seorang hamba, walaupun diperlakukan kasar, kejam, tidak adil. Memang sangat sulit untuk bertahan di dalam penderitaan.

PA Ibu Oliv Illu